MAN 4 Jakarta Selatan (23/10/2024) – Prestasi membanggakan berhasil diraih oleh 6 tim riset MAN 4 Jakarta pada ajang riset internasional World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) 2024. Ajang tersebut berlangsung pada 10-13 Oktober 2024 dan diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) bekerja sama dengan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta dan Institut Pertanian Bogor.

Acara ini diikuti oleh 414 tim dari 16 negara, antara lain Yemen, Pakistan, Malaysia, Thailand, Bangladesh, Bulgaria, Vietnam, Filipina, Nepal, Meksiko, Argentina, Korea Selatan, Hong Kong, Iran, Turki, dan Indonesia.

WYIIA diselenggarakan secara hybrid, online dan offline. Kompetisi offline diselenggarakan di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta pada tanggal 10 – 13 Oktober 2024. Adapun kompetisi online dilaksanakan terlebih dahulu pada tanggal 07 Oktober 2024 melalui platform Zoom.

Keenam tim riset yang berhasil meraih medali pada ajang WYIIA 2024 adalah sebagai berikut:

Kategori Energy and Enginering
Kategori Energy and Enginering terdiri dari Mazaya Syakira Firmansyah P., Darell Althaf, dan Ghadiza Aisha A’Safha dengan mengusung judul penelitian “GRACE: Graphene-Oxide Rice Husk and Sawdust as Super Capacitors for Sustainable Energy”. Tim ini berhasil meraih medali emas.

Kategori Life Science
Kategori Life Science yang terdiri dari Naufal Abyan Dzaky Hadi, Azra Andi Fadhila, Balawan Afkar Gumilar, dan Ibrahim M. Abdurrahman mengusung judul penelitian “BISETA: Investigation of Secondary Bioactive Compounds of Tapak Liman Extract as Alzheimer’s Drug Candidates”. Tim ini berhasil meraih medali emas, Penghargaan Best Project, dan Free Registration Online Kompetisi I2ASPO Surabaya.

Kategori Environment
Kategori Environment yang terdiri dari Muhammad Farish Haykal, Khayran Ramadhan Puwazy, Fathir Haikal Saputra, Muhammad Gulam Mualla, dan Arkan Fakhri Tajudin mengusung judul penelitian “D’WASHEL: Natural Detergent Made From Waru Leaves And Egg Shells For An Environmentally Friendly Detergent Alternative”. Tim ini berhasil meraih medali emas.

Kategori Environment yang terdiri dari Arridho Fitra, Fathir Atha Sahwa, Farhan Anwar Zuhdi Nasution, Cakrawangsa Wira Banuaryo, dan Mevlana Anaukhi Anbiya mengusung judul penelitian “Pemanfaatan Pestisida Alami dari Brotowali Dan Pupuk Alami dari Sayuran Terhadap Pertumbuhan”. Tim ini berhasil meraih medali perak.

Kategori Technology
Kategori Technology yang terdiri dari Zarir Ghibran, dan Hanna Cahyarakha P. mengusung judul penelitian “AICO: AI Base Cave Explorer”. Tim ini berhasil meraih medali perak.

Kategori Technology yang terdiri dari Dhiaurahman Luthfi Athariq, Aydin Rasendriya Fadhlurrahman, Rafid Hibban Ziyadalhaq, Wistara Luthfi Suryawan, dan Fawwaz Akbar Ramadhan mengusung judul penelitian “ATOS (Auto-farm in the House) Robot Development Innovation”. Tim ini berhasil meraih medali perak.

Nugroho Wahyu Sumartono dan Khilda Maulida Nur Hidayah, selaku pembimbing dan pendamping riset MAN 4 Jakarta mengungkapkan semua tim merasa bahagia dan bersyukur karena berhasil meraih prestasi di ajang tersebut. Meskipun menurutnya banyak tantangan dan keterbatasan yang dijumpai.

Silakan Hubungi Kami