MAN 4 Jakarta Selatan (26/09/2023) – Madrasah Aliyah Al Azhar Asy Syarif (Mayasya) Indonesia Filial MAN 4 Jakarta hari ini resmi menjadi MAN 23 Jakarta. Penegerian ini dilaksanakan serentak bersamaan dengan pendirian dan penegerian 39 Madrasah di seluruh Indonesia.

Mayasya merupakan Ma’had Al-Azhar Mesir berbasis asrama yang didirikan di Indonesia pada tahun 2012 hasil MoU antara pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Agama dan Al-Azhar Mesir yang ditandatangani pada tanggal 17 September 1999.

Tujuan utama dari pendirian MAYASYA sendiri adalah melaksanakan dan mengembangkan kurikulum pendidikan Al-Azhar Mesir yang fokus pada pendalaman ilmu-ilmu agama (tafaqquh fiddin) dan ilmu-ilmu bahasa Arab dan menghasilkan lulusan yang setara dengan lulusan Ma’had Al-Azhar di Mesir.

14 tahun kemudian tepatnya pada tanggal 9 Oktober 2013, diterbitkan SK Dirjen Pendis no. 2768 tentang Penetapan MAYASYA sebagai madrasah filial dari MAN 4 Jakarta.

Setelah berafiliasi selama 11 tahun ke MAN 4 Jakarta, hari ini pemerintah menegerikan Mayasya menjadi MAN 23 Jakarta. Penegerian ini disambut gembira oleh seluruh civitas Mayasya dan MAN 4 Jakarta.

Wido Prayoga, kepala MA Negeri 4 Jakarta mengucapkan rasa syukur atas penegerian Mayasya tersebut. “Alhamdulillah, setelah melalui proses yang tidak sebentar akhirnya Mayasya resmi menjadi MAN 23 Jakarta. Hal ini menunjukkan jika Mayasya telah dinilai mampu untuk mendiri. Kami sangat bahagia dan bersyukur atas penegerian ini,” ujarnya.

Silakan Hubungi Kami