MAN 4 Jakarta (16/09/2024) – Organisasi Santri Asrama (OSA) merayakan hari lahir Nabi Muhammad SAW dengan menggelar peringatan Maulid dan menyelenggarakan berbagai perlombaan bagi santri asrama MAN 4 Jakarta pada hari Senin, 16 September 2024.

Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan yang dirayakan oleh umat Islam setiap tanggal 12 Rabiul Awal, bulan ketiga dalam kalender Hijriah, untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. OSA, sebagai organisasi keasramaan di MAN 4 Jakarta, turut merayakan Maulid Nabi tahun ini dengan mengusung tema “Rasulullah Teladan dan Inspirasi Sepanjang Zaman.”

“Kami memilih tema ini dengan harapan agar santri asrama MAN 4 Jakarta dapat menjadi pribadi yang lebih baik dengan meneladani perilaku Rasulullah SAW,” ujar Adieb, Ketua Pelaksana acara, dalam laporannya.

Senada dengan itu, Hafiz Abdillah, Staf Wakil Pengembangan Mutu (WPM) Bidang Adab dan Ibadah mengatakan bahwa sebagai pelajar Madrasah sudah seyogianya Rasulullah menjadi teladan.

“Rasulullah SAW adalah sosok mulia. Kita sebagai warga Madrasah mari kita teladani beliau untuk kehidupan kita di Madrasah ini dan juga setelah lulus nanti. Semoga ananda sekalian menjadi lulusan-lulusan yang berakhlak mulia,” ujarnya.

Dalam acara ini, OSA menyelenggarakan berbagai lomba Islami, di antaranya Lomba Cerdas Cermat Islam (LCCI), Pidato, Musabaqah Hifdzil Qur’an Berantai (MHQB), dan Kaligrafi. Lomba-lomba tersebut diadakan dengan harapan para santri asrama MAN 4 Jakarta dapat meraih prestasi di kompetisi Islami pada tingkat yang lebih luas.

Acara Maulid Nabi kali ini dimulai pukul 08.00 dengan memanfaatkan empat area berbeda. OSA memanfaatkan ruang multimedia untuk Lomba Cerdas Cermat Islam (LCCI), ruang kelas untuk lomba pidato, dan Masjid MAN 4 Jakarta untuk pembukaan, lomba Musabaqah Hifdzil Qur’an Berantai (MHQB), serta kaligrafi. Penutupan acara Maulid Nabi yang dimulai pukul 19.30 berlangsung di area parkir asrama MAN 4 Jakarta.

Penutupan acara pada Senin malam diisi dengan penganugerahan kepada para santri terbaik yang berhasil memenangkan berbagai perlombaan. Seluruh peserta juga mendapatkan seporsi bakso yang dapat dinikmati di akhir acara dari Orang Tua Santri (OTS) yang diwakili Kordinator Kelas (Korlas).

Acara ditutup dengan penampilan istimewa dari Green House Band 26 dan Green House Band 27 yang membawakan lagu-lagu pop dan Islami, sehingga suasana penutupan berlangsung meriah dan penuh keceriaan.

Reporter: Muhammad Afif Hawwari XI-3

Silakan Hubungi Kami