MAN 4 Jakarta Selatan (12/09/2024) – Kabar gembira tengah diterima civitas MAN 4 Jakarta Selatan. Hal ini terkait dengan terbitnya Sertifikat Automasi Akreditasi MAN 4 Jakarta yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN). Dengan diterimanya Sertifikat Automasi Akreditasi ini maka akreditasi di MAN 4 Jakarta tidak lagi dengan kegiatan visitasi guna verifikasi dan klarifikasi isian instrument akreditasi.

Akrediatsi adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan dan kinerja suatu institusi pendidikan berdasarkan kriteria (standar). Kriteria standar tersebut ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan dengan klasifikasi unggul, baik sekali, baik dan tidak terakreditasi.

Penilaian akreditasi pada umumnya melalui mekanisme visitasi (kegiatan verifikasi dan klarifikasi isian instrument akreditasi). Namun sejak dikeluarkannya Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 16 Tahun 2023 Tentang Implementasi Mekanisme Automasi pada Akreditasi Program Studi akreditasi saat ini akreditasi bisa dilakukan dengan pemenuhan data sekunder kinerja satuan Pendidikan.

Kepala MAN 4 Jakarta, Wido menyatakan jika automasi akreditasi yang diterima MAN 4 Jakarta adalah berkat integritas seluruh civitas MAN 4 Jakarta.

“Alhamdulillah, MAN 4 Jakarta termasuk salah satu Madrasah yang mendapatkan sertifikat automasi akreditasi. Sertifikat Akreditasi dengan Nomor PA.00097/31/2024 Tentang Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Nomor: 104/BAN-PBM/SK/2024 menyatakan bahwa MAN 4 Jakarta terautomasi akreditasi dengan klasifikasi akreditasi A,” ungkapnya.

“Pada akrediasti sebelumnya MAN 4 Jakarta berhasil meraih hasil akreditasi A (Unggul) dengan nilai 97 tepatnya pada pelaksanaan akreditasi di tahun 2019. Dengan demikian penerimaan sertifikat automasi akreditasi bagi MAN 4 Jakarta merupakan prestasi sekaligus juga informasi bagi pengguna layanan terkait standar pelayanan yang diberikan MAN 4 Jakarta,” tambahnya.