MAN 4 Jakarta Selatan (17/08/2024) – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 79 pagi ini dengan hidmat dilaksanakan di lapangan upacara MAN 4 Jakarta Selatan. Rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79 juga diselenggarakan perlombaan bagi Guru, Tenaga Kependidikan (GTK) dan siswa.

Dalam upacara yang nampak berbeda dari upacara bendera yang dilaksanakan setiap Senin tersebut baik petugas maupun peserta upacara mengenakan kostum yang berbeda. Petugas upacara yang terdiri dari siswa pengurus OSIS/MPK mengenakan setelan jas sementara GTK nampak mengenakan baju adat dari daerah nusantara.

Wido Prayoga, Kepala MAN 4 Jakarta yang bertugas sebagai pembina upacara pada kesempatan itu mengenakan pakaian adat Papua sementara para wakil kepala Madrasah hadir dengan kostum dari NTB, Aceh, Lampung, Kalimantan Timur dan Madura.

Sementara itu, GTK juga turut memeriahkan dengan berbagai kostum seperti Batak, Melayu, Betawi, Jawa Tengah, Jogja dan lain-lain. Sedangkan ketua OSI dan MPK mengenakan kostum daerah Jawa dan Betawi.

Dengan tema Nusantara Baru Indonesia Maju, pembina upacara yang membacakan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan pesan agar semangat abdi ASN hendaknya menyentuh seluruh lapisan masyarakat dan menguatkan fondasi keberagamaan dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sejatinya kemerdekaan adalah amanah yang harus dijaga dan dirawat demi kemajuan bangsa. Untuk itulah, setiap kita hadir dengan penghormatan dan komitmen melanjutkan pembangunan,”.

Pada upacara ini dilaksanakan juga penyerahan penghargaan satyalencana kepada 9 pegawai MAN 4 Jakarta dan serah terima kepengurusan organisasi Asrama dan Cambridge. (H5h)