MAN 4 Jakarta Selatan (11/08/2024) – Bertempat di Bumi Perkemahan Ragunan, MAN 4 Jakarta berhasil menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Santri Asrama (SENTRA) pada Sabtu-Ahad, 10-11 Agustus 2024. Sudah jamak, LDK merupakan medium akselerasi pengembangan kepemimpinan siswa. Begitu pun bagi Organisasi Santri Asrama (OSA) yang merupakan wadah kongkrit pengembangan aktivitas santriwan-wati.

Di LDK ini para peserta dibekali dengan penguatan skill penunjang untuk dapat sampai kepada level kepemimpinan yang inspiratif. “Kepemimpinan Inspiratif” mengasumsikan bukan hanya siapa menduduki posisi apa, tetapi juga tentang siapa dan berperan apa. Untuk itu peserta dibekali skill administrasi, tata kelola organisasi dan pendanaan, komunikasi, kekompakan, solidaritas, dan critical thinking yang baik.

Dalam sambutannya, Wakil Kepala Madrasah Bidang Pengembangan Mutu Ellis Ermawati, S. Kom. mengatakan bahwa Kepemimpinan Inspiratif ini sesuai dengan konteks waktu di mana Indonesia pada tahun 2045 akan memasuki era Indonesia Emas. Menurutnya ada 4 hal yang perlu digarisbawahi:

  1. Pemimpin adalah perintis. Yaitu yang menguasai visi dan misi organisasi. Maka pengurus memiliki tugas utama untuk memahami dengan baik visi-misi organisasi.
  2. Pemimpin sebagai penyelaras. Pemimpi adalah sosok yang dapat mengimpelemntasikan visi-misi dalam menghadapi dinamika di dalam kepemimpinan. Seperti konflik dan lainnya.
  3. Pemberdayaan. Seorang pemimpin harus memberdayakan semua potensi anggota yang ada di dalam organisasi, tidak ada pemimpin yang pilih kasih. Siapapun nanti ketuanya harus mampu meberdayakan potensi yang ada dari anggotanya.
  4. Menjadi uswatun hasanah.
    “Untuk hari ini dan ke depan, niat kita, kita samakan, kita selarasakan bahwa LDK kita wujudkan untuk demi cita-cita di MAN 4 Jakarta agar lebih baik lagi dalam melaksanakan kegiatan di asrama dan madsarah. Dan paling utama adalah melatihan kepribadian yang baik. Semoga Allah mudahkan jalan kalian.” Ungkapnya mengakhiri sambutan.
    LDK ini terlaksana pada Sabtu-Ahad, 10-11 Agustus 2024 dengan nama SENTRA dan tema “Dare to Lead, Ready to Inspire”. Berangkat dan pulang masing-masing peserta menggunakan kendaraan umum Transjakarta MAN 4 Jakarta – Ragunan.

Agenda ini terselenggara berkat dukungan Komite Madrasah, Kepala Madrasah dan Wakil, serta jajaran Staf Bidang Pengembangan Mutu. Serta agenda ini berhasil terselenggara dengan baik berkat upaya totalitas dari penitia OSA periode 2023/2024.