MAN 4 Jakarta Selatan (09/08/2024) – ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 19 – 22 Agustus mendatang. Untuk menunjang pelaksanaan ANBK tersebut panitia ANBK MAN 4 Jakarta memberikan sosialisasi. Tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini untuk mematangkan persiapan pelaksanaan ANBK. Sosialisasi ini dilaksanakan di ruang multimedia MAN 4 Jakarta dan diikuti oleh peserta didik kelas XI yang terpilih sebagai peserta ANBK yakni sejumlah 50 siswa.

Materi sosialisasi meliputi penjelasan teknis pelaksanaan ANBK dan tanya jawab hal-hal yang belum difahami oleh peserta.

ANBK merupakan tes atau proses penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau sekolah. Hal ini dilakukan pada satuan pendidikan dari pendidikan dasar (SD/MI dan SMP/MTS) hingga pendidikan menengah (SMA/SMK/MA/MAK).

Dengan pelaksanaan ANBK atau program Asesmen Nasional ini diharapkan Madrasah mampu menghasilkan informasi yang pasti yang dapat digunakan untuk mengevaluasi atau memperbaiki kualitas belajar mengajar.

Pelaksanaan ANBK tahun 2024 meliputi materi literasi, numerasi, survei karakter dan survei lingkungan belajar (Sulingjar).