MAN 4 Jakarta Selatan (27/05/2024) – Setelah sosialisasi kelompok mata pelajaran kepada peserta didik pada hari Senin, 21 Mei 2024, maka pada hari Minggu, 26 Mei 2024 bidang akademik MAN 4 Jakarta melaksanakan sosialisasi kelompok mata pelajaran bagi orang tua siswa.

Sosialisasi ini penting dilaksanakan agar orang tua memahami alur belajar putra-putrinya sekaligus bisa melakukan pendampingan dalam pemilihan mata pelajaran.

Pemilihan mata pelajaran sendiri akan berpengaruh pada kesempatan siswa dalam menentukan jurusan di pendidikan tingkat tinggi.

Srimayati, wakil kepala MA Negeri 4 Jakarta dalam sosialisasi yang dilaksanakan secara online ini mengatakan jika pemilihan mata pelajaran menjadi hak siswa. Madrasah akan mengakomodir pilihan siswa dengan memetakannya pada kelompok-kelompok mata pelajaran. Pengelompokan ini dilakukan karena keterbatasan sarana dan pra sarana.

“Kami akan mempertimbangkan minat siswa dalam penentuan mata pelajaran dengan didukung nilai yang mereka peroleh di semester sebelumnya serta hasil assesemen bakat minat yang telah mereka ikuti,” paparnya.

Sosialisasi ini merupakan salah satu cara Madrasah dalam memberikan pelayanan kepada orang tua siswa, selanjutnya orang tua siswa diharapkan bisa hadir di Madrasah untuk melakukan konsultasi langsung kepada bidang akademik ataupun guru bimbingan konseling. (H5h)