MAN 4 Jakarta Selatan (22/01/2024) – Kepengurusan OSIS/MPK dan Ekstrakurikuler yang telah melaksanakan proses serah terima jabatan Senin lalu, pada hari Jum’at dan Sabtu (19-20 Januari 2024) melaksanakan Forum Stabilitas Karakter (FORBIKA) 2024.

Acara ini diisi oleh pemaparan program kerja serta agenda yang akan dilakukan oleh tiap organisasi dan ekstrakurikuler selama satu periode. FORBIKA 2024 mengangkat tema “Unveiling Brilliance with Ethereal Echoes For Our Future Endeavors”.

Acara yang dilaksanakan di Gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) Kementerian Agama RI ini diikukuti oleh 135 siswa dari pengurus OSIS, MPK dan perwakilan Ekstrakurikuler. Mereka mengikuti beberapa rangkaian sidang, yaitu sidang pendahuluan, sidang pleno, dan sidang paripurna.

Sidang pendahuluan dipimpin oleh Nahla Zahara sebagai Presidium 1, lalu dialihkan kepada Abrar Raihan Nafis–Ketua MPK periode 2023/2024–sebagai Presidum 1 dalam sidang pleno dan paripurna.

Beberapa pimpinan serta dewan guru juga turut hadir sebagai penasihat dan narasumber di FORBIKA 2024. Tak hanya itu, Hibriza Nail Hawwa yang merupakan salah satu alumni tahun 2023 turut diundang sebagai pemateri pada hari pertama dalam FORBIKA 2024. Ia membahas tentang cara menyeimbangkan porsi antara prestasi, akademik, dan organisasi. Sebagai salah satu alumni yang mendapatkan beasiswa, ia memberikan motivasi kepada peserta FORBIKA agar semangat dalam meraih cita-cita.

Seorang pembicara muda, Reza Pahlevi turut diundang sebagai pemateri pada hari kedua acara FORBIKA 2024. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan betapa pentingnya organisasi dan mencoba hal baru. Dengan prestasinya yang mentereng, ia memberikan tips serta motivasi kepada para peserta.

Di tengah-tengah sela kegiatan FORBIKA 2024, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan, M. Yunus Hasyim, hadir menyambut peserta. “Saya hanya ingin mengingatkan tentang karakter, yaitu jangan pernah lupa kepada guru yang telah mengajar dan mendidik dalam menuntut ilmu yang telah ditransfer kepada kalian, serta jangan lupa untuk bapak/ibu guru untuk selalu mendoakan murid-muridnya agar dapat meraih masa depan yang dicita-citakan,” pesan M. Yunus Hasyim.

Tiba di ujung acara, pimpinan sidang melakukan penandatanganan dan pengesahan program kerja. Riuh tepuk tangan peserta memenuhi ruangan kala acara ditutup dengan simbolis berupa penaruhan palu Presidium ke dalam kotak. (Tim KJS)