MAN 4 Jakarta Selatan (26/10/2024) – MAN 4 Jakarta menggelar Forum Grup Discussion (FGD) yang menghadirkan Kepala Madrasah, Wakil-Wakil Kepala Madrasah, Koordinator Kelas, Komite, dan Wali Kelas Asrama di Ruang Teater pada Jum’at 25/10/2024 dengan tujuan untuk memperkuat komunikasi dan kolaborasi dalam upaya memajukan kualitas asrama. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung, transparan, dan inklusif melalui partisipasi aktif dari semua pihak yang terlibat. Selain unsur pendidik, FGD ini juga dihadiri oleh perwakilan Organisasi Santri Asrama (OSA) yang hadir untuk juga mempresentasikan agenda-agenda kesantrian mulai dari keagamaan, kebersihan, sampai keamanan-kedisiplinan Asrama.


Acara Dimulai dengan Do’a serta Sambutan dari Kepala Madrasah
Acara secara resmi dimulai pukul 08.30 WIB, diawali dengan sambutan dari Kepala Madrasah Wido Prayoga yang menekankan pentingnya sinergi antara madrasah, orang tua, komite, wali kelas dan wali/pembina Asrama dalam menunjang perkembangan peserta didik. Beliau menyampaikan bahwa kolaborasi ini diharapkan dapat menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi siswa, baik dalam hal akademik maupun non-akademik.


“Kami berharap melalui Forum Grup Discussion (FGD) ini cita-cita kita dalam memajukan pendidikan dan melahirkan lulusan-lulusan yang siap diterima perguruan-perguruan tinggi negeri dan luar negeri bisa secara dicapai dengan optimal dan maksimal. Untuk itu kita membutuhkan komunikasi aktif dan kolaborasi yang bisa menjawab masalah-masal yang terjadi di lapangan,” ucap Wido Prayoga
Selain Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah yang membidangi Asrama, Cambridge, dan Reguler terkait Pengembangan Mutu (WPM) Ellis Ermawati juga mempresentasikan seputar Asrama secara lebih mendalam. WPM menerangkan bahwa Asrama MAN 4 Jakarta berdiri ditujuan dan difokuskan pada bidang akademik dengan visi-misi melahirkan lulusan-lulusan yang berdaya saing dalam olimpiade dan mampu diterima perguruan-perguruan tinggi negeri dan perguruan luar negeri.


“Bapak-Ibu, Asrama di awal berdiri dengan memfokuskan pada bidang akademik. Untuk itu semua kegiatan-kegiatan santri ditujuan untuk memfasilitasi akademik ini,” ujar Ellis Ermawati saat menyampaikan keterangan seputar Asrama.


Diskusi Mendalam Mengenai Program dan Kebijakan Asrama MAN 4 Jakarta
Sesi diskusi dimoderatori oleh Wakil Kepala Bidang Humas Halimatussa’diyah yang memfasilitasi pembahasan mengenai beberapa isu penting, antara lain:

  1. Evaluasi Program Keasramaan: Koordinator kelas menyampaikan beberapa masukan terkait efektivitas program keasramaan yang diterapkan selama ini dan tantangan yang dihadapi santri. Para pendidik dan komite bersama-sama siap mencari solusi yang terbaik untuk meningkatkan program pelayanan yang lebih menarik dan mendukung perkembangan akademik dan non-akademik santri yang juga sekaligus siswa madrasah.
  2. Evaluasi Katering dan Laundry: Koordinator kelas mengapresiasi upaya-upaya perbaikan dalam pelayanan Katering dan Laundry dari semula menjadi masalah yang berkepanjangan sampai ditemukan solusi yang baik. Hanya para orang tua berharap agar ada mekanisme yang lebih jelas apabila ada misalnya kehilangan pakaian yang hilang di laundry.
  3. Apresisasi Siswa yang Berprestasi: Koordinator kelas berharap madrasah lebih memberikan apresiasi kepada siswa yang berprestasi agar motivasi untuk berkembang akan semakin tinggi. Madrasah berkomitmen untuk memfasilitasi, mempersiapkan, dan mendukung siswa untuk berprestasi. Hanya madrasah punya cluster tertentu dari kompetisi-olimpiade agar kualitas persaingan bisa terjaga dan tumbuh dengan baik.
  4. Agenda-Agenda OSA: OSA jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikan agenda asrama dan diharapkan bisa secaa jelas menyampaikan kebutuhan dana kepada orang tua dengan baik.
    Komitmen Bersama untuk Masa Depan Asrama
    Dalam forum ini, seluruh peserta FGD sepakat untuk terus berkomunikasi secara rutin demi tercapainya tujuan bersama. Para Pendidik beserta koordinator kelas dan komite berjanji akan lebih aktif dalam berpartisipasi dan memberikan masukan dan menerima masukan demi peningkatan kualitas pelayanan dan lulusan Asrama.
Silakan Hubungi Kami