MAN 4 Jakarta Selatan (18/10/2024) – Tim riset MAN 4 Jakarta berhasil meraih medali perak pada ajang National Innovation Project (NIPRO) 2024 di Surabaya. Tim yang terdiri dari Abdurrahman Naufal Ramadhan, Naufal Abyan Dzaky Hadi, Mumtaz Yasser Achmed sukses meneliti tentang pemanfaatan gelatin dari tulang ikan salmon sebagai bahan penyusun produk kosmetik untuk perawatan kulit.

Menurut Abdurrahman, penggunaan gelatin dalam industri kosmetik Indonesia semakin populer. Gelatin, yang berasal dari kolagen hewan, memberikan manfaat bagi kulit seperti meningkatkan elastisitas dan menjaga kelembapan. Salah satu sumber gelatin yang dapat dimanfaatkan yakni dari tulang ikan salmon.

Naufal menambahkan, Tulang ikan salmon belum banyak digunakan sebagai produk kosmetik dan merupakan solusi dalam memanfaatkan produk samping pengolahan ikan. Diharapkan dengan memanfaatkan produk samping ini dapat memberikan nilai ekonomis dalam pembuatan produk kosmetik.

Sementara menurut Mumtaz, sebagai penelitian awal, kami menggunakan metode yang sederhana untuk mengisolasi gelatin dari tulang ikan salmon dan selanjutnya dijadikan sebagai serum produk kecantikan.

Penelitian tentang pembuatan serum perawatan kulit dari tulang ikan salmon dilakukan selama 2 minggu di MAN 4 Jakarta dengan guru pembimbing Nugroho Wahyu Sumartono.
Kompetisi National Innovation Project (NIPRO) 2024 merupakan salah satu wadah yang ditujukan kepada siswa/i SMA/K sederajat untuk menyalurkan ide berupa inovasi produk atau alat yang dapat menunjang pada penguasaan keahlian terapan dan dapat menghasilkan suatu produk dan alat yang dapat diaplikasikan langsung ke masyarakat. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Departemen Teknik Kimia Industri, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya pada 5-6 Oktober 2024 dan diikuti oleh 25 tim finalis.

Silakan Hubungi Kami