MAN 4 Jakarta Selatan (04/10/2024) – International Cambridge Examination atau ujian Cambridge tinggal menghitung hari untuk digelar. Tepatnya pelaksanaan ujian Cambridge akan diselenggarakan dari tanggal 07 Oktober 2024 hingga 14 November 2024. Ujian ini akan diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII Cambridge baik program IPA maupun IPS.

Beberapa rangkaian persiapan telah dilaksanakan oleh panitia pelaksana dan para siswa peserta ujian. Pada hari ini saja setidaknya tercatat dua agenda yang khusus dilaksanakan guna mendukung dan mensukseskan ujian Cambridge tersebut, yakni Dzikir Bersama Sukses Ujian Cambrdige dan motivasi. Kegiatan dzikir bersama diikuti dan dilaksanakan oleh seluruh civitas MAN 4 Jakarta pada saat pembiasaan pagi sementara motivasi diikuti oleh peserta didik kelas XII Cambridge dan orang tua mereka.

Motivasi dengan tema “Unleashing The Bright Future Ahead Of You” diisi oleh Arya S. Krisnadiharja M. Psi (Coach Of Counselling Skill) selaku keynote speaker. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah motivasi peserta didik sebelum menghadapi Cambridge International Examination yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober – November tersebut.

Motivasi diawali dengan ice breaking menari bersama yang bertujuan menarik perhatian siswa agar mereka bersemangat mengikuti kegiatan. Motivasi kemudian dilanjutkan dengan presentasi yang menyasar meningkatnya keinginan siswa agar bisa lebih fokus dalam belajar dan terus meningkatkan prestasi. Materi lalu dilanjutkan dengan sesi hipnotis dimana siswa diajak untuk memikirkan masa depan dengan memaafkan masa lalu dan memiliki target diri yang jelas.

Wido Prayoga, Kepala MAN 4 Jakarta yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya pada prestasi yang diraih oleh peserta didik kelas Cambridge. “Kami sangat bangga dengan capaian siswa di kelas Cambridge. Lima siswa yang mendapatkan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) semuanya berasal dari Cambridge,” ungkapnya.

“Selamat mengikuti ujian Cambridge anak-anakku. Raih prestasi terbaik kalian. Dari tahun ke tahun hasil nilai ujian Cambridge mengalami kenaikan. Semoga tahun ini kalian juga bisa mengukir prestasi lebih baik lagi.”

“Terima kasih ayah dan bunda yang telah mensupport ananda semuanya. Program Cambrdige di MAN 4 Jakarta merupakan salah satu program unggulan yang menjadi upaya implementasi kami dalam mewujudkan tagline KSKK Kemenag RI, Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia,” tambahnya.

Kegiatan motivasi berlangsung dengan hidmat, baik orang tua ataupun siswa terbawa hanyut pada setiap sesinya. Terlebih acara ini ditutup dengan sesi seluruh siswa meminta maaf dan memohon ridho orang tua mereka. Tidak sedikit di antara mereka yang menangis haru dan saling berpelukan memberikan support dan doa terbaiknya

Silakan Hubungi Kami