MAN 4 Jakarta (23/09/2024) – Tiga atlet silat yang tergabung dalam ekstrakurikuler silat MAN 4 Jakarta berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam kompetisi silat KAPOLRI CUP, yang diselenggarakan oleh POLRI di GOR Ciracas, Jakarta Timur, pada Minggu, 22 September 2024. Mereka adalah:

  1. Gathan Athallariq Najwan X-8 (Juara 3)
  2. Muhammad Akbar Firmansyah X-9 (Juara 1)
  3. Achmad Farabi Arasy Fauzi XII-8 (Juara 2)

Mereka bertiga kembali dengan membawa prestasi yang membanggakan setelah berhasil menyingkirkan lawan-lawannya dalam kompetisi tersebut.

Irjen Pol Dedi Prasetyo, Ketua Pelaksana KAPOLRI CUP, dalam sambutannya menyatakan bahwa acara ini diselenggarakan untuk menggali potensi atlet-atlet yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di bidang silat. Selain itu, acara ini juga menjadi momen bagi perguruan silat dan sekolah-sekolah untuk menjalin silaturahmi melalui perlombaan.

“Kejuaraan ini juga merupakan upaya menggali dan membentuk atlet Pencak Silat sekaligus mempererat silaturahmi antar perguruan dan mengembangkan dan melestarikan budaya Indonesia dalam sinergitas TNI-Polri se-Indonesia,” Ucap Irjen Pol Dedi Prasetyo

Kesungguhan tersebut terbukti dari pernyataan salah satu peserta dari MAN 4 Jakarta, Akbar, yang mengonfirmasi bahwa ajang ini diikuti oleh 2.000 peserta dari seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan keseriusan POLRI dalam mencari dan mengembangkan potensi atlet-atlet berbakat di tanah air.

“Acara ini diikuti oleh 2000 peserta dari seluruh Indonesia di berbagai tingkat dan kelas berat badan. Mulai dari Siswa sampai tingkat umum.” Ujar Akbar

Akbar juga menjelaskan bahwa pembagian kelas berat badan dalam kompetisi ini dibagi menjadi 10 tingkatan, dari tingkat A hingga tingkat J. Sistem ini, yang umum diterapkan di berbagai kompetisi bela diri, bertujuan untuk memastikan pertandingan berlangsung lebih adil dan seimbang.

Akbar dan rekan-rekannya yang tergabung dalam ekstrakurikuler silat MAN 4 Jakarta telah mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi perlombaan tingkat nasional ini sejak awal September. Persiapan mereka tentu tidaklah mudah, mengingat kompetisi ini diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia. Dengan demikian, tantangan yang mereka hadapi dalam perlombaan kali ini berada pada level nasional.

Pertandingan berlangsung di GOR Ciracas selama empat hari, mulai dari Kamis, 19 September hingga Jumat, 22 September 2024. Pembagian jadwal selama empat hari ini memberi kesempatan bagi para peserta untuk memulihkan kekuatan dan stamina mereka, sehingga mereka dapat kembali bertanding dalam kondisi prima.

Atlet dari MAN 4 Jakarta berhasil memanfaatkan pembagian waktu pertandingan tersebut dengan baik, sehingga mereka sukses membawa pulang tiga medali, yang turut mengharumkan nama MAN 4 Jakarta di dunia persilatan.

Reporter : Muhammad Afif Hawwari

Silakan Hubungi Kami