MAN 4 Jakarta Selatan (21/09/2024) – Tiga Siswa MAN 4 Jakarta berhasil memenangkan kompetisi debat dalam ajang SKIPICUP 2024 yang diselenggarakan oleh Sekolah Kristen IPEKA Puri Indah, Jakarta Barat, 18-19 September 2024. Ketiga siswa itu adalah :

Muhammad Afif Hawwari XI-3
Abthal Wahid Saintlyno XII-9
Radhitya Fauzan XII-9

Mereka berhasil meraih peringkat pertama setelah menyingkirkan empat lawan, yaitu SMA Pribadi Depok Bilingual, SMA Katolik Ricci, SMAN 109, dan menghadapi SMAN 65 di partai final.

Vivianti Kristanto Jacob, Kepala Sekolah SMA IPEKA Puri Indah, menjelaskan bahwa SKIPICUP merupakan bagian dari SKIPIJAM, agenda tahunan yang diselenggarakan oleh siswa kelas 12 SMA IPEKA Puri Indah. Pada SKIPICUP tahun ini, terdapat empat lomba yang digelar, yaitu Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI), Business Plan, Band, dan Tari Modern.

SKIPICUP dimulai pada 18 September 2024, dengan acara pembukaan yang menampilkan Tim Orkestra, Tim Tari Modern, dan Band SMA IPEKA Puri Indah. Pembukaan tersebut dilaksanakan di Chapel yang terletak di lantai 3 Gedung A IPEKA Puri Indah.

Perlombaan debat dimulai setelah acara pembukaan, dengan babak penyisihan yang diselenggarakan pada 18 September, dilanjutkan dengan perempat final hingga final pada 19 September. Babak penyisihan hingga semifinal berlangsung di ruang kelas di lantai 2, sementara babak final dilaksanakan di Multipurpose Room.

Para juri dalam perlombaan debat berasal dari mahasiswa dan dosen Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Jurusan Ilmu Komunikasi. Partai final diadili oleh lima juri, berbeda dengan babak-babak sebelumnya yang hanya dinilai oleh tiga juri. Penambahan dua juri ini menambah ketegangan, memperkuat suasana megah di ruangan Multipurpose Room yang luas, dengan meja kayu panjang sebagai pusat perdebatan.

Pada partai final, Tim MAN 4 Jakarta berperan sebagai tim pemerintah dengan mosi “Dewan ini percaya bahwa Pemilihan Umum Serentak lebih banyak membawa kerugian dari pada manfaat terhadap demokrasi di Indonesia.” Para siswa MAN 4 Jakarta berhasil menyampaikan argumentasi mereka dengan tenang dan sukses meyakinkan para juri. Keunggulan ini mengantarkan Tim Debat MAN 4 Jakarta meraih gelar juara 1 dalam lomba Debat SKIPICUP 2024.

Silakan Hubungi Kami