MAN 4 Jakarta Selatan (20/09/2024) – Bertempat di ruang teater MAN 4 Jakarta, sejumlah 32 siswa peserta pertukaran pelajar mengikuti kegiatan pembekalan. Kegiatan ini diisi oleh dua native Jepang yakni Haruko Kogiso sensei dan Junko sensei.

MAN 4 Jakarta pada tanggal 31 Oktober sampai 07 November terjadwal akan melaksanakan pertukaran pelajar dengan Kunori Gakuen Jepang. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari penandatangan MOU Sister School antara MAN 4 Jakarta dan Kunori Gakuen, sebuah sekolah di distrik Yonezawa, Yamagata Jepang.

Untuk mempersiapkan agenda tersebut tim kerjasama melaksanakan beberapa persiapan pembekalan. Persiapan tersebut antara lain pemberian edukasi kepada peserta tentang geografi Jepang, budaya, norma dan beberapa ungkapan yang biasa digunakan dalam komunikasi sehari-hari.

Haruko Kogiso sensei dalam kesempatan tersebut menyampaikan pesannya bahwa daerah Yamagata merupakan daerah yang tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan atau orang asing.

“Apa yang kita tampilkan dalam sikap ataupun penampilan kita akan menjadi penilaian orang Jepang dalam mengenal Indonesia,” ungkapnya.

“Pada prinsipnya jika kalian memperhatikan mereka maka mereka pun memperhatikan kalian. Satu sama lain memberikan kesan di pikiran masing-masing,” tambahnya.

Dalam pembekalan itu Haruko sensei juga menjelaskan tentang nilai yang menjadi karakter positif dari masyarakat Jepang dengan harapan para siswa peserta dapat mencontoh sikap baik tersebut.

Silakan Hubungi Kami