MAN 4 Jakarta Selatan (11/09/2024) – Siswa kelas X MAN 4 Jakarta mengikuti kegiatan edukasi online pilah sampah 1 juta pelajar DKI Jakarta melalui zoom meeting dalam rangka World Cleanup Day 2024 yang diselenggarakan oleh Lions Club Jakarta Magnolia The Leaders pada hari Rabu, 11 september 2024.

World Cleanup Day (WCD) adalah aksi sosial global tahunan yang mengajak masyarakat di seluruh dunia turut mengambil peran dalam membersihkan dan menjaga kebersihan bumi guna mengurangi masalah sampah.

WCD Jakarta tahun ini memiliki tujuan mengedukasi 1 Juta pelajar di Provinsi DKI Jakarta (SD, SMP, SMA, SMK), dan mengumpulkan 6000 ton sampah plastik dengan melibatkan stakeholder sekolah/Madrasah se-Provinsi Jakarta.

Kegiatan WCD 2024 ini juga dimaksudkan sebagai upaya menciptakan rekor ORI (Original Rekor Indonesia) dengan Katagori “Edukasi Pilah Sampah Pelajar Jakarta dengan Peserta Terbanyak.”

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan sebagai pendidikan karakter bagi siswa untuk peduli terhadap lingkungan terutama mengurangi populasi sampah plastik dan menciptakan lingkungan yang bersih sebagai bagian dari program gerakan peduli budaya lingkungan hidup di Madrasah (Adiwiyata).

Adapun susunan acara kegiatan ini terdiri dari edukasi pentingnya pemilahan sampah di sekolah, dan edukasi tukar sampah dengan emas di bank sampah sekolah.