MAN 4 Jakarta Selatan (28/08/2024) – TTD atau Tablet Tambah Darah merupakan suplemen yang berisi zat besi dan asam folat yang berfungsi untuk membantu membentuk hemoglobin. TTD dibutuhkan menjadi hal yang penting untuk mencegah anemia, khususnya di masyarakat yang kekurangan dalam mengonsumsi sumber pangan hewani.

Pagi ini bertempat di lapangan upacara MAN 4 Jakarta seluruh siswi berkumpul guna mengikuti kegiatan sarapan sehat. Sarapan sehat sendiri merupakan program pemerintah yang dalam hal ini diterapkan di Madrasah-madrasah.

Dalam kegiatan Sarapan Sehat kali ini seluruh siswi mengonsumsi TTD secara serempak. Mereka akan mendapatkan TTD setiap minggu guna menyuplai kebutuhan zat besi dan asam folat. Kegiatan ini hasil kerjasama Puskesmas Pondok Pinang dengan MAN 4 Jakarta.

“Program Pemberian TTD akan dilaksanakan setiap minggu. Seluruh siswi akan mengonsumsi TTD setiap minggu guna mencegah anemia yang bisa timbul akibat kurangnya konsumsi zat besi,” papar dr Melly, MKKK., wakil ketua petugas UKS.

“Anemia adalah gangguan darah yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang rendah atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Gejala umum pengidap anemia adalah lelah, sakit kepala, hingga sesak napas. Kondisi ini bisa dialami oleh semua kalangan, terlebih perempuan yang sedang menstruasi,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini hadir pula petugas Puskesmas yang memberikan sosialisasi pencegahan anemia. (H5h)