MAN 4 Jakarta Selatan (14/08/2024) – Upacara peringatan Hari Pramuka pagi ini dilaksanakan oleh seluruh civitas MAN 4 Jakarta. Peringatan yang bertempat di lapangan upacara tersebut diikuti dengan hidmat oleh seluruh peserta upacara.

Mengusung tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI” peringatan hari Pramuka tahun ini merupakan peringatan yang ke 63. Adapun logo Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 terdiri dari komponen-komponen tertentu. Angka 6 dan angka 3 mewakili angka Hari Ulang Tahun gerakan pramuka yang telah hadir selama 63 tahun lamanya. Angka 6 merupakan hasil stilasi Kelompok Tunas, sedangkan angka 3 menopang logogram Tunas. Keduanya adalah kesatuan yang kokoh. Dalam logo tersebut terdapat logotype Pramuka dan tulisan tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”.

Wido Prayoga, ketua Mabigus MAN 4 Jakarta Seltan bertugas sebagai pembina upacara membacakan naskah sambutan mewakili ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso

Dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa gerakan Pramuka telah berhasil menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda dan selalu menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota pramuka berjiwa Pancasila serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,

“Pramuka menjadi wadah yang tepat sebagai alat untuk membentengi generasi muda dari aksi bullying, kasus narkoba, pornografi, hingga budaya asing yang menggerus semangat gotong royong dan nasionalisme,” ungkapnya.

“Dengan memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill yang dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF yaitu kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik yang menjadi postur ideal Gerakan Prmauka mencetak seorang pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia.” (H5h)