MAN 4 Jakarta Selatan (10/07/2024) – Hari ini sampai dua hari ke depan, peserta didik baru MAN 4 Jakarta mengikuti Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama). Salah satu agenda pada penyelenggaraan Matsama tersebut adalah Assesmen Bakat dan Minat (ABM).

ABM merupakan tes yang mengukur potensi setiap siswa untuk memprediksi kemampuan dan ketertarikannya di bidang-bidang tertentu.

Di MAN 4 Jakarta Selatan, tes diagnostik setidaknya dilaksanakan dua kali. Pertama bagi peserta didik baru dan kedua bagi peserta didik kelas X yang akan naik kelas XI.

Pelaksanaan tes diagnostik pertama dilaksanakan pada masa Matsama yang bertujuan untuk memperoleh data bakat minat sebagai acuan pengelompokan siswa di kelas belajar fase E. Adapun pengembangan bakat dan minat terbagi pada kelas tahfidz, riset, olimpiade dan entrepreneur.

Sedangkan tes kedua dilaksanakan di semester genap fase E (kelas X) sebagai parameter pemilihan mata pelajaran di fase F (kelas XI). Terdapat beberapa paket kelompok mata pelajaran yang bisa dipilih oleh siswa sesuai dengan bakat, potensi, minat dan orientasi pendidikan tinggi.

Dengan demikian diharapkan siswa akan mengikuti pembelajaran dan pengembangan diri berdasarkan bakat, potensi dan minat. (H5h)