MAN 4 Jakarta Selatan (18/06/2024) – Semarak qurban di MAN 4 Jakarta sangat terasa hari ini. Sejumlah guru dan tenaga kependidikan yang bertugas sebagai panitia qurban nampak antusias melaksanakan tugasnya. Begitupun siswa anggota OSIS/MPK yang terlibat langsung sebagai panitia giat menyukseskan pelaksanaan qurban 1445 H.

Sejumlah 9 ekor sapi dan 6 ekor kambing hari ini didistribusikan. Tercatat tidak kurang dari 600 mustahiq mendapatkan daging qurban yang dibagikan oleh panitia. Mereka terdiri dari guru, tenaga kependidikan, siswa dan masyarakat.

Qurban sendiru tidak hanya didapat dari perorangan melainkan juga dari infak siswa. Infak dilaksanakan sebagai pendidikan kepedulian terhadap perintah kewajiban berkurban dan semangat mensyiarkan Islam.

Selain pendidikan karakter di atas siswa juga diajarkan teori fiqh qurban. Pembekalan materi mulai diberikan saat penggalangan qurban seperti dengan menjelaskan kriteria binatang yang sah untuk dijadikan qurban, kriteria mustahiq qurban, dan lain-lain.

Pembekalan materi qurban di lapangan dilaksanakan oleh Ust. H. Romli salah satu panitia qurban yang secara langsung menjelaskan kepada siswa tata cara berkurban. Dengan demikian siswa yang hadir menyaksikan penyembelihan selain mendapatkan pengalaman juga mendapatkan pengetahuan fiqh qurban. (H5h)