MAN 4 Jakarta Selatan (17/06/2024) – Seleksi masuk perguruan tinggi belum selesai, pemerintah melalui Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) telah mengumuman hasil Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Test (SNBT). Saat ini masih banyak jalur yang disiapkan kampus sebagai tiket masuk yang bisa ditempuh oleh siswa untuk mendapatkan bangku di perguruan tinggi. Jalur tersebut lazim disebut dengan jalur mandiri.

Siswa MAN 4 Jakarta memiliki animo yang tinggi dalam melanjutkan Pendidikan dibanding gap year (menunda belajar di tahun depan) atau pilihan dunia kerja. Tercatat sejumlah 200 siswa telah mendapatkan kampus favorit, 11 di antaranya adalah siswa yang berhasil lolos mendapatkan bangku kedokteran. Mereka berhasil diterima dari berbagai jalur seperti SNBP sebanyak 5 orang siswa, SNBT sejumlah 5 orang siswa, dan 1 orang siswa dari jalur Mandiri.

Berikut adalah Fakultas Kedokteran yang berhasil ditembus oleh siswa MAN 4 Jakarta:

  1. UIN Syarif Hidayatullah, 2 orang siswa
  2. Universitas Negeri lampung, 2 orang siswa
  3. Universitas Indonesia, 1 orang siswa
  4. Universitas Pertahanan, 1 orang siswa
  5. UPN Veteran Jakarta, 1 orang siswa
  6. Universitas Riau, 1 orang siswa
  7. Universitas Lambung Mangkurat, 1 orang siswa
  8. Universitas Hasanudin, 1 orang siswa
  9. Universitas Srwijaya, 1 orang siswa

Data tersebut di atas masih sangat mungkin untuk bertambah mengingat saat ini sejumlah siswa MAN 4 Jakarta sedang berjuang untuk mendapatkan fakultas yang sama melalui jalur mandiri. Sukses! (H5h)