MAN 4 Jakarta Selatan (31/05/2024) – Assasmen Sumatif atau lazim disebut dengan Penilaian Akhir Tahun pada Kurikulum 2013 selama enam hari ini diselenggarakan di MAN 4 Jakarta. Assesmen Sumatif ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X dan sebelas yang berjumlah 780.

Tujuan utama dari asesmen sumatif adalah untuk memberikan gambaran komprehensif tentang pencapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini mencakup evaluasi terhadap pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, keterampilan yang dikuasai, dan kemampuan mereka dalam mengaplikasikan pengetahuan tersebut. Dengan menyelenggarakan asesmen sumatif pada akhir suatu periode pembelajaran, seperti akhir semester atau akhir satu materi, guru dapat mengukur secara sistematis sejauh mana siswa telah berkembang dalam proses belajar mereka.

Hal lain yang menjadi poin penting dalam Assesmen Sumatif adalah menjadikan Assesmen Sumatif sebagai media Pendidikan karakter khususnya karakter jujur dan integritas. Hasil ujian yang akan disampaikan kepada orang tua kadang menjadi alasan siswa untuk mencari jalan pintas untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Belum lagi alasan digunakannya nilai rapot sebagai dasar siswa eligible nominator peserta Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

“Kami bidang akademik serius mengawal pelaksanaan Assesmen Sumatif dengan mengontrol penuh kejujuran siswa dalam mengerjakan ujian mereka,” ucap Srimayati, Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik.

“Kami mengaktifkan jajaran pengawas Assesmen Sumatif dengan melakukan pengawasan yang ketat, melakukan klarifikasi pada siswa yang terindikasi nyontek dalam rangka menanamkan sifat jujur dan integritas pada mental mereka,” tambahnya. (H5h)