Acara wisuda tahun ajaran 2023/2024 telah terlaksanakan pada Kamis, 23 Mei 2024 yang berlokasi di gedung Convention Center Universitas Terbuka. Acara ini diisi dengan penampilan-penampilan menarik dan memukau penonton. Salah satunya ialah penampilan dari siswa/siswi MAN 4 Jakarta yang mengikuti ekstrakurikuler SAMARA dan COLSTRA.

SAMARA telah menampilkan tari Penyambutan Tanggai sebagai pembukaan prosesi pimpinan serta mengiringi tamu VIP di acara wisuda tahun ajaran 2023/2024. Dibalik tariannya yang mengagumkan, Selda Aura sebagai ketua ekstrakurikuler SAMARA mengaku banyak sekali kendala dibalik itu semua. Ia beserta tim SAMARA sudah berlatih sejak awal bulan Mei dan melakukan latihan rutin setiap hari di sekolah dan pada hari Sabtu demi memaksimalkan penampilan. Ia juga mengatakan bahwa persiapannya mencari kostum tarian dan riasan wajah sebelum tampil cukup rumit. Namun, ia sendiri merasa puas dengan hasil kerja kerasnya dan tim SAMARA selama ini.

Selain tarian yang memukau dari tim SAMARA, tim COLSTRA juga menampilkan beberapa lagu diantaranya; Sendal Lela by Radja, Lela, Sabilulungan, Marry You by Bruno Mars, Beautiful Sunday by Daniel Boonie, dan Kita Bikin Romantis by Maliq d essentials. Nyanyian yang disajikan merupakan nyanyian yang unik, seakan terdapat cerita di dalamnya. Keira Malika, anggota ekstrakurikuler Colstra kelas XI mengungkapkan bahwa ia menyukai penampilan yang telah ia persiapkan dalam kurun waktu kurang lebih 1 bulan. Namun, ia mengatakan, penampilannya masih jauh dari kata sempurna dan masih terdapat beberapa kesalahan, seperti proses pembuatan konsep drama serta masalah sound system yang kurang memadai. Tetapi selain itu semua, penampilan COLSTRA berjalan dengan baik.

“Mudah-mudahan kakak kelas XII mendapat kampus dan jurusan yang diinginkan. Kalau ada kesempatan, silaturahmi lagi berkunjung ke Madrasah ketemu bapak dan ibu guru dan adik-adik kelasnya,” Pesan Retno Louse, selaku pembina Colstra. (Tim KJS 2024)