MAN 4 Jakarta Selatan (16/05/2024) – Pagi ini setelah kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap Kamis pagi yakni literasi dan sholat dhuha, siswa MAN 4 Jakarta kelas X dan XI mendapatkan sosialisasi Demam Berdarah Dengue (DBD).

DBD adalah penyakit yang menular melalui nyamuk yang terjadi di daerah tropis dan subtropis di dunia. Detikcom menuliskan jika Jakarta Selatan melaporkan 860 kasus demam berdarah dengue (DBD) yang terjadi di wilayahnya selama empat bulan terakhir. Kasus DBD tersebar di 10 kecamatan di Jaksel (18/04/2024).

Melihat kondisi tersebut MAN 4 Jakarta menilai penting untuk mengedukasi siswa untuk memahami DBD guna mengantispasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada sosialisasi tersebut, dr. Melly Fadhilah Harahap,M.KKK selaku pemateri menyampaikan terkait definisi, etiologi, gejala, terapi, vektor pembawa virus dengue yaitu nyamuk Aedes aegypti dan yang paling penting adalah bagaimana preventif/ pencegahan dari DBD tersebut.

“Pencegahan yang utama adalah PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan 3 M plus. 3M diantaranya yaitu Menguras/membersihkan, Menutup tempat-tempat yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk dan mendaur ulang barang-barang bekas. Selain itu pula Plusnya adalah mencegah gigitan dan perkembangbiakan nyamuk,” paparnya.

Diharapkan dengan sosialisasi kesehatan tersebut, menambah wawasan siswa MAN 4 di bidang kesehatan dan menjadi lebih peduli dengan kesehatan dan dapat terhindar dari penyakit DBD