MAN 4 Jakarta Selatan (15/05/2024) – Pada hari Rabu, tanggal 08 Mei 2024 sejumlah 360 siwa dan siswi yang terdiri dari peserta didik kelas X MAN 4 Jakarta mengikuti tes bakat dan minat. Agenda ini hasil kerja sama yang dilaksanakan dengan Ruang Guru dan MAN 4 Jakarta.

Tes bakat dan minat merupakan rangkaian tes dan analisa yang menggambarkan kemampuan kognitif, karakteristik minat bakat serta kepribadian siswa terhadap suatu bidang atau jurusan tertentu.

MAN 4 Jakarta Selatan dalam ini bidang akademik merasa perlu untuk melaksanakan tes bakat minat guna membantu peserta didik dalam memilih mata pelajaran yang akan mereka pilih di kelas XI.

“Peserta didik kelas X yang berada di dalam fase E dalam Kurikulum Merdeka masih mengikuti pembelajaran dengan mata pelajaran paket yang telah ditentukan oleh pemerintah dan bersifat wajib untuk diikuti. Di kelas XI nanti mereka akan memasuki fase F dan sudah mulai memilih mata pelajaran yang mereka suka atau ingin dipelajari lebih dalam lagi,” papar Srimayati, wakil kepala Madrasah bidang akademik.

“Untuk itu mereka memerlukan sebuah panduan yang membantu mereka untuk mengetahui bakat dan minat yang mereka miliki sehingga mereka akan memilih mata pelajaran yang mampu mengembangkan bakat dan minat.”

“Tes ini nantinya tidak secara penuh menjadi penentu mata pelajaran yang bisa mereka pilih melainkan ada beberapa faktor pendukung lainnya yang harus terpenuhi seperti nilai mereka di fase E,” tuturnya. (H5h)